KPU Bengkulu Utara Resmi Menetapkan 201.218 DPT

  • Whatsapp

15 Oktober 2020

BERITA REGIONAL.COM BENGKULU UTARA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara menetapkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Pilkada  serentak tahun 2020.

Jumlah pemilih 201.218 terdiri dari pemilih laki-laki 102.119 dan pemilih perempuan 99.019 yang tersebar di 19 Kecamatan, 5 Kelurahan dan 215 desa dengan jumlah TPS 637.

Dari jumlah tersebut mengalami penurunan dari DPT Pemilu sebelumnya yakni 210.144 pemilih. Hal tersebut pada acara penetapan DPT yang berlangsung di Aula Gedung Sanggar Kegiatan Belajar  (SKB) Arga Makmur, Kamis (15/10/2020).

Penetapan DPT ini berlangsung di aula gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Desa Karang dihadiri unsur Forkopimda, Bawaslu, LO Partai Pengusung paslon, dan seluruh PPK se-Kabupaten Bengkulu Utara.

“Berdasarkan rapat pleno, jumlah DPT Kabupaten BU sejumlah 201.218 pemilih,” kata Suwarto S.H

Suwarto menambahkan, jumlah DPT tersebut mengalami penurunan bila dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Dari jumlah tersebut mengalami penurunan dari DPT dalam Pemilu sebelumnya yakni 210.144 pemilih. Hal ini lantaran regulasi yang mengatur terkait dengan penyempurnaan data pemilih Pilkada 2020. Paling mendasar pemilih harus berdomisili setempat dan memiliki e-KTP, serta faktor kematian. Kemudian faktor-faktor lainnya seperti adanya mata pilih ganda.

“Kurangnya mata pemilih disebabkan dengan regulasi pemyempurnaan data Pilkada 2020, yang paling mendasar adalah pemilih harus berdomisili setempat dan harus memliki e-KTP,” ungkapnya.

Diketahui DPT yang telah di plenokan ditingkat kabupaten akan disampaikan ke KPU Provinsi hingga KPU RI, Bawaslu, tim pasangan calon dan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil.

(BR-ADV).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *