Sanggar Tari Irama Binaya Ikut Warnai HUT Kota Arga Makmur Ke 46

  • Whatsapp

Post by: Redaksi

Berita Regional.com, BENGKULU UTARA – Dalam rangka memeriahkan HUT ke – 46 kota Argamakmur, Dinas Pendidikan Bengkulu Utara ikut berkreasi melalui tarian yg di lakoni oleh siswa Siswi SDN 016 Bengkulu Utara yg tergabung dalam sanggar Irama Binaya yaitu tari PANE MAI DUMAI.

Pembimbing Tari  Hj. Suweni, S.Pd. menceritakan, tari PANE MAI DUMAI  kolaborasi tarian perang Enggano, tari gandai pekal dan tari saputangan.

“Tarian ini adalah khasanah budaya yang ada di kabupaten Bengkulu Utara yang menceritakan tentang masyarakat suku rejang dahulu kala, yang merupakan penduduk dengan mata pencarian petani, setiap hendak pergi kesawah atau ke kebun masyarakat suku rejang biasa nya menggunakan PANE ( bronang) ini sebagai alat atau wadah tempat berbagai peralatan ke kebun,” paparnya

Dari keinginan mengenang tradisi menggunakan Pane Mai Dumai sehingga tercetus ide untuk tuangkan lewat tarian dengan judul PANE MAI DUMAI.


Adapun Filosofi budaya ini sesuai pula dengan filosopi ki Hajar Dewantara yaitu menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Sebagai
Koordinator tari, Yanti Mayasari, M.Pd. Dengan musik garapan sanggar Irama Binaya oleh Angin sari, Abdul Rohman dan koko Irawan, Serta kolaborasi seluruh tim dewan guru SDN 016 Bengkulu Utara.

“Semoga dengan Persembahan Tari dalam rangka memeriahkan Hut Kota Argamakmur ke 46 ini, merupakan wujud nyata menumbuhkan kecintaan dan semangat melestarikan serta menghayati kebudayaan, dalam hal ini terwujud dalam seni tari yang berasal dari kabupaten Bengkulu Utara,” tutupnya.

Pewarta : BL – 07

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *