Festival Gurita, 15 Kecamatan Siap Unjuk Kebolehan Olah Kuliner Gurita

Post By : Redaksi

Berita Regional.com Kaur– Dalam rangka mematangkan pelaksanaan Festival Gurita yang merupakan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2023, Pemerintah Kabupaten kaur melalui Dinas Pariwisata mengundang seluruh Camat se-Kabupaten Kaur untuk melaksanakan rapat persiapan kegiatan festival gurita tahun 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur. Rabu, (07/06/2023).

Rapat yang dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Drs. Sinaruddin yang didampingi langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Salianuddin, SH, Analisis Jabatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Hesty Novita, SM selaku PPTK kegiatan dan seluruh Camat di Kabupaten Kaur.

Dalam hal ini Sekretaris Dinas Pariwisata Salianuddin, SH menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya rapat ini adalah untuk membahas tentang persiapan dalam mensukseskan pagelaran Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2023 yang merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf RI bersama Pemerintah Daerah kabupaten kaur untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam hal ini juga beliau juga mengajak seluruh Camat di Kabupaten Kaur ini untuk sama-sama ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara pagelaran Festival gurita ini semeriah mungkin.

“Kami sangat mengharapkan partisipasi dari seluruh camat di Kabupaten Kaur ini demi suksesnya acara pagelaran Festival Gurita Tahun 2023 ini dengan meriah. Karena selain mengadakan acara Festival Gurita yang dilaksanakan di Pantai Laguna, kita juga mengadakan acara Surfing contest yang diselenggarakan di Pantai Pengubayan” kata Salianuddin.

Sementara itu, Asisten I kabupaten kaur Drs. Sinaruddin menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka menyambut acara festival gurita ini.

“Saya berharap dengan rekan-rekan Camat meskipun bukan dari Camat Maje, Nasal maupun Kaur selatan untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena kegiatan kita ini adalah event Nasional yang bukan hanya membawa nama Kecamatan Maje, nasal maupun Kaur selatan, tetapi membawa nam Kabupaten Kaur. Untuk itu saya harap untuk semua rekan camat untuk bisa bekerjasama untuk dapat mensukseskan acara festival Gurita ini agar Kabupaten kaur yang kita cintai ini bisa dikenal diseluruh Republik Indonesia. Saya yakin dengan adanya kerjasama dari kita semua maka acara ini insyaallah akan berjalan dengan lancar” ujar Asisten I.

Hesty Novita selaku PPTK Kegiatan Ferstival Gurita menyampaikan secara teknis seluruh rangkaian acara festival Gurita Tahun 2023.

“Festival gurita ini adalah festival tahunan yang sudah tiga kali dilaksanakan Kabupaten kaur. Hanya saja pada tahun ini akan dibuat sedikit berbeda karena festival gurita ini ternyata terpilih untuk dapat masuk dalam salah satu program kementerian pariwisata yaitu KEN (Karisma Event Nusantara) salah satu program kementerian yang ingin mengangkat destinasi wisata setiap daerah. Dimana untuk Provinsi Bengkulu yang mendapatkan program KEN ini hanya ada dua yaitu di Kota Bengkulu festival Tabot dan di Kabupaten kaur yaitu Festival Gurita. Sehingga ini adalah satu kehormatan yang sangat luar biasa untuk Kabupaten kaur”, ujar Hesti.

Lanjut Hesti juga menyampaikan beberapa agenda yang akan dilaksanakan yaitu Kompetisi Memanah Gurita, Kompetisi Tumpeng Gurita, Surfing Contest, Tari Kreasi, Bazar Kuliner & UMKM, Music Showcase, Teater Nelayan, Gelar seni Budaya Adat Kaur. Dengan adanya acara Bazar kuliner dan UMKM ini, maka saya berharap kepada seluruh Kecamatan untuk masing-masing disetiap kecamatan dapat berinovasi dan berkreasi sendiri dalam hal memasak Gurita di acara Festifal Gurita ini. karena ini adalah acara event nasional yang tidak bisa kita anggap sepele dan taruhannya adalah nama Kbupaten, maka saya selaku PPTK Kegiatan festival Gurita ini sangat mengharapkan partisipasi dan kerjasama dari seluruh Camat Se-Kabupaten Kaur ini agar acara ini bisa berjalan dengan sukses.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *