Perayaan Hari Raya Galungan Warga Hindu Bali di kabupaten Seluma

  • Whatsapp

Berita Regional.com BENGKULU SELATAN – Rabu, 8 Juni 2022 pukul 09.00 wib, umat Hindu Bali yang berada di desa Tanjung kuwau dusun 1 dan dusun 2 kecamatan lubuk sandi kabupaten. Seluma provinsi. Bengkulu, dengan penuh hikmat dan kebahagian yang luar biasa mereka merayakan hari raya galungan di pure sila dharma Bhakti yg di Puput oleh pemangku pure Nyoman Merta.

Kepala Desa kuwau Heri yulianto menyampaikan, Hari raya galungan adalah hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagat raya beserta seluruh isi nya,”paparnya.

Ditambahkan oleh ketua adat setempat Hari raya galungan juga untuk merayakan kemenangan kebaikan atau kebenaran ( dharma ) melawan adharma ( kejahatan ).
Yang di rayakan setiap 6 bulan Bali ( 210 hari ) yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan ( Rabu Kliwon wuku Dungulan ) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran/kebaikan) melawan Adharma ( kejahatan),” ungkapnya

Perayaan hari Raya galungan identik dengan Penjor yg di pasang di tepi jalan, menghiasi jalan raya yg bernuansa alam.

Penjor adalah bambu yg di hiasi sedemikian rupa sesuai tradisi masyarakat Bali setempat, dalam hal ini kita yg berada di dusun 1 dan 2 desa Tanjung kuwau kecamatan Lubuk sandi, kabupaten. Seluma, provinsi Bengkulu.

Galungan dan Kuningan adalah rangkaian hari raya besar umat hindu Bali yang jatuh setiap 210 hari sekali menurut kalender Bali. Kedua hari raya ini mengingatkan kita betapa pentingnya selalu bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas ciptaan alam semesta beserta isinya dan menciptakan toleransi dimanapun kita berada,”
Ungkap ketua dusun 1 bapak i Ketut suatno.

( Bella)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.