Hasil Uji Swab, OTG di Asahan Positif Covid-19

  • Whatsapp

BERITA REGIONAL, ASAHAN – Orang Tanpa Gejala (OTG) warga Kabupaten Asahan seorang laki-laki berusia 26 tahun yang beralamat di Dusun II Desa Bahung Sibatu Batu dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani uji swab di Rumah Sakit Murni Teguh Medan.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si menjelaskan dari data yang diterimanya, pasien adalah warga Dusun II Desa Bahung Sibatu Batu Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan yang selama ini bekerja di Palembang Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Ia mengatakan sesuai informasi yang didapat bahwa pada bulan Maret 2020 yang bersangkutan adalah ODP Kabupaten Asahan dikarenakan datang dari Palembang (pekerjaan) dan kita isolasi mandiri selama 14 hari dalam keadaan sehat.

Pada tanggal 12 Juni 2020, dikarenakan yang bersangkutan akan kembali berkerja ke Palembang dan memerlukan surat keterangan bebas Covid-19 melalui pemeriksaan swab maka bersangkutan memeriksa diri secara mandiri ke RS Murni Teguh Medan dengan pemeriksaan Swab Nasofaring.

Hidayat juga menegaskan bahwa HM selama 2 bulan terakhir tinggal di tempat mertuanya yang beralamat di Dusun I Desa Pematang Jering Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara.

Guna pencegahan, Gugus Tugas Asahan telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Batubara untuk menerapkan protokol untuk pencegahan dengan melakukan tracking atau penelusuran terhadap orang yang pernah berinteraksi erat dengan pasien, baik yang ada di Sei Dadap maupun di Sei Suka.

“Untuk Kabupaten Asahan yaitu di Desa Bahung Sibatu Batu kita hanya melakukan tracking terhadap kedua orang tua HM, mengingat sejak dua bulan terakhir HM dan istri tinggal di Kabupaten Batubara,” jelasnya.

Sedangkan untuk pasien HM sudah dilakukan koordinasi dengan Kabupaten Batubara agar pasien segera dirujuk ke Medan melalui RSUD HAMS Kisaran untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) kosong, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang, untuk yang positif bertambah menjadi delapan orang, dengan pembagian empat orang dirawat, tiga orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia,” katanya.

Pewarta : Bonawi

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.